Manfaat Emosional dari Manajemen Uang yang Kuat

Bahkan di saat-saat terbaik, masalah uang dapat menyebabkan banyak stres. Tetapi menurut survei terbaru oleh maxbet.com dan National Foundation for Financial Education®, hampir 9 dari 10 orang Amerika mengatakan bahwa COVID-19 menghasilkan uang sebagai penyebab utama kecemasan. Ditambah dengan kebutuhan untuk menyulap bekerja dari rumah, penitipan anak, home schooling dan masalah kesehatan dan orang-orang sedang ditarik ke batasnya.

Maklum, orang-orang mengkhawatirkan masa depan keuangan mereka. Bisa dimaklumi, mereka sering kali merasa tidak memiliki energi untuk menghadapinya. Namun meskipun kelihatannya luar biasa, ada strategi untuk membantu Anda mengatasi dan tetap tenang. Seperti yang saya tulis baru-baru ini, Anda mungkin harus berpikir secara berbeda untuk melewati masa-masa ini, tetapi ada cara untuk melakukannya. Dan itu dimulai dengan kesadaran.

Waspadai apa yang bisa Anda kendalikan

Pertama-tama sadari bahwa betapapun tidak yakinnya perasaan Anda, ada beberapa hal finansial yang masih dapat Anda kendalikan. Itu sendiri akan membantu mengurangi stres Anda. Misalnya, sampai batas tertentu, Anda dapat mengontrol pengeluaran Anda. Itu mungkin berarti Anda harus memikirkan kembali anggaran Anda, tetapi itu ada di tangan Anda. Anda juga dapat mengontrol cara Anda memprioritaskan tagihan. Ini mungkin mengharuskan Anda untuk melakukan beberapa negosiasi, tetapi itu mungkin. Dan Anda dapat mengontrol seberapa banyak Anda menabung, bahkan jika Anda harus mengalihkan sebagian dari tabungan Anda untuk kebutuhan finansial yang lebih mendesak untuk sementara waktu.

Jika Anda seorang investor, sementara Anda tidak dapat mengontrol pasar, Anda dapat mengontrol cara Anda menanggapi peristiwa pasar. Mencoba mengatur waktu pasar jarang merupakan strategi yang baik, dan menalangi pada waktu yang salah bisa menjadi kesalahan yang merugikan. Jadi jangan. Daripada bereaksi berlebihan terhadap volatilitas saat ini, lakukan penyeimbangan ulang dengan cermat berdasarkan tujuan dan jadwal Anda sendiri.

Penyeimbangan kembali yang cerdas berarti secara sistematis menjual investasi yang nilainya meningkat dan membeli investasi yang nilainya menurun. Singkatnya, penyeimbangan ulang dapat membantu Anda membatasi risiko dengan menjual tinggi dan membeli rendah.

Di semua area ini, Anda masih memegang kendali. Cobalah untuk fokus pada apa yang dapat Anda lakukan secara proaktif daripada reaktif.

Pahami bagaimana kecemasan memengaruhi keputusan keuangan

Penelitian telah menunjukkan bahwa kecemasan berdampak buruk pada hampir semua keputusan keuangan kita. Stres dapat membuat kita membelanjakan lebih banyak, menabung lebih sedikit, dan menumpuk hutang kartu kredit. Seperti stres makan, menurut kami belanja akan membuat kami merasa lebih baik. Namun, menabung dapat memberi Anda ketenangan pikiran bahwa Anda dapat menangani pengeluaran tak terduga dengan lebih baik, beradaptasi dengan perubahan pendapatan, atau memanfaatkan peluang baru. Cara terbaik untuk merasa lebih baik saat ini adalah dengan menahan pembelian yang tidak perlu dan menghemat lebih banyak.

Manfaat Manajemen Uang

Gunakan pengelolaan uang sehari-hari secara otomatis

Jika Anda belum melakukannya, bersihkan pikiran Anda dan hemat waktu dengan menggunakan pembayaran tagihan untuk pembayaran bulanan reguler seperti hipotek, sewa, utilitas, telepon, internet, pinjaman mobil, pinjaman pelajar, bahkan kartu kredit. Semua ini dapat dibayarkan secara otomatis melalui bank Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan pembayaran. (Bahkan mungkin Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon!) Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda memiliki uang di rekening koran Anda untuk menutupinya.

Lakukan hal yang sama untuk tabungan Anda. Jika Anda memiliki 401 (k), Anda sudah menabung untuk masa pensiun secara otomatis. Anda dapat mengatur pembayaran rutin dari cek ke rekening tabungan untuk tujuan tabungan Anda yang lain.

Bagikan ketakutan Anda

Masih terbangun di malam hari karena khawatir? Bicaralah. Jika Anda memiliki pasangan atau pasangan, selesaikan ketakutan finansial Anda — dan solusi Anda — bersama-sama. Baik itu pasangan Anda, anggota keluarga atau teman tepercaya, mendengarkan perspektif lain dapat membantu Anda berpikir lebih jernih. Dan berbagi kekhawatiran dan menyuarakan pertanyaan Anda dapat membantu Anda membuat rencana tindakan. Yang membawa saya ke poin saya berikutnya.

Hubungi penasihat

Untuk menambah ketenangan pikiran, pertimbangkan untuk berbicara dengan penasihat keuangan atau perencana keuangan. Ada kesalahpahaman bahwa penasihat hanya untuk orang kaya. Tidak begitu. Seorang penasihat keuangan dapat membantu Anda melihat melampaui perjuangan hari ini dan merasa lebih percaya diri di masa depan. Dan semua orang bisa mendapatkan keuntungan dari itu.

Dari penganggaran harian hingga asuransi yang tepat hingga penetapan tujuan jangka panjang untuk hal-hal seperti pensiun atau pendidikan anak, perencana keuangan dapat memberikan saran tentang bagaimana memprioritaskan kebutuhan Anda saat ini, dan menguraikan langkah-langkah yang dapat Anda ambil sekarang untuk tujuan masa depan. Bahkan konsultasi satu kali dapat menawarkan tindakan yang membantu. Plus, ada berbagai macam nasihat keuangan yang tersedia untuk menyesuaikan dengan anggaran apa pun. Foundation for Financial Planning bahkan bekerja untuk memperluas konseling pro bono bagi populasi yang rentan termasuk individu dan keluarga berpenghasilan rendah, personel militer dan veteran, penyintas kekerasan dalam rumah tangga, dan orang-orang yang terkena dampak bencana alam seperti COVID-19 atau krisis medis serius.